2 Skema Upacara 17 Agustus di IKN serta Jakarta

 

BETPAUS - Skema upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang dibeberkan Menko PMK Muhadjir Effendy. Pemerintah membagi 2 titik upacara peringatan HUT RI ialah di IKN Nusantara serta Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak mengetuai langsung upacara HUT RI di IKN. Sedangkan itu, Wakil Presiden Maruf Amin hendak mengetuai upacara di Jakarta.

"Sebagian di IKN sebagian di mari, Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (mimpin) di mari," kata Muhadjir kepada wartawan di Lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Pembagian tugas pula berlaku buat presiden serta wakil presiden terpilih. Prabowo hendak mendampingi Jokowi di IKN, sedangkan Gibran mendampingi Maruf Amin di Jakarta.

"Nanti pak wapres terpilih hendak mendampingi Wapres. Sebaliknya presiden terpilih hendak mendampingi Presiden," ucapnya.

Muhadjir berkata hiburan juga senantiasa hendak diadakan. Tetapi ia tidak menyebut skema secara terperinci.

"Sama hiburan sama, nanti di mari terdapat hiburan di sama terdapat hiburan, kan hybrid," ucapnya.

Akomodasi Telah Siap

Muhadjir mengantarkan akomodasi buat upacara HUT RI di IKN pula telah siap. Muhadjir membenarkan lapangan terbang Nusantara hendak berperan sehingga pesawat tidak lagi mendarat di Balikpapan buat mengarah IKN.

"Akomodasi insyaallah telah siap sebab nanti lapangan terbang kepastian hendak akhir Juli hendak ditentukan fungsional lapangan terbang, sehingga nanti tamu tidak melalui Balikpapan, tetapi langsung landing di lapangan terbang baru," kata Muhadjir.

Tidak hanya itu, jalur tol ke IKN telah dapat dilintasi buat upacara 17 Agustus nanti. Secara totalitas, persiapan akomodasi itu telah menggapai 90 persen.

"Jalur tol insyaallah telah nyaman, tetapi nunggu sampe akhir Juli. Tadi laporan Pak Menhub telah di atas 90 persen," ucapnya.

Muhadjir membenarkan pembangunan infrastruktur, baik lapangan terbang ataupun jalur tol telah nyaman. Dia menepis pembangunan tersebut yang bertabiat buru- buru.

"Nyaman, nyaman. Ya tidak buru- buru lah, udah disiapkan lama kok itu," ucapnya.

Tokoh yang Diundang ke IKN Masih Dibahas

Menko PMK Muhadjir Effendy menguak tokoh- tokoh yang diundang ke upacara HUT RI di IKN masih dalam ulasan. Tetapi yang tentu, baginya, Presiden Jokowi membagikan atensi supaya undangan para tokoh wajib dicermati.

"Itu yang tadi masih diusulkan, tadi Pak Presiden merekomendasi pokoknya wajib jadi atensi, tokoh- tokoh itu wajib bisa atensi, soal nanti di mari ataupun di IKN, nanti balik," kata Muhadjir.

Muhadjir belum membeberkan siapa saja tokoh yang hendak diundang. Dia menyebut undangan tokoh itu hendak dipecah 2, buat upacara di IKN serta di Istana Negeri Jakarta.

"Belum terdapat list, bisa jadi hendak dipecah 2," ucapnya.

Muhadjir berkata terdapat mungkin duta besar luar negara pula yang masuk dalam undangan ke IKN. Dia berkata segala tamu undangan yang upacara di IKN tidak menginap.

"Terdapat mungkin dubes pula di IKN nanti tidak nginap langsung kegiatan terus balik," ucapnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama